Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 55

Tafsir Al-Kahfi Ayat 55

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 55. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 55

وَمَا مَنَعَ النَّاسَ اَنْ يُّؤْمِنُوْٓا اِذْ جَاۤءَهُمُ الْهُدٰى وَيَسْتَغْفِرُوْا رَبَّهُمْ اِلَّآ اَنْ تَأْتِيَهُمْ سُنَّةُ الْاَوَّلِيْنَ اَوْ يَأْتِيَهُمُ الْعَذَابُ قُبُلًا

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dan tidak ada (sesuatu pun) yang menghalangi manusia untuk beriman ketika petunjuk telah datang kepada mereka dan memohon ampunan kepada Tuhannya, kecuali (keinginan menanti) datangnya hukum (Allah yang telah berlaku pada) umat yang terdahulu atau datangnya azab atas mereka dengan nyata.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 55

Dan tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi manusia yakni penduduk kafir Makkah saat itu untuk bisa beriman kepada Allah dan Rasul-Nya ketika telah datang hidayah yakni kebenaran Al-Qur’an yang ada pada mereka.

Dan mereka pun bisa meminta ampun kepada Tuhannya kecuali adanya ketentuan Allah yang telah datang di tengah-tengah mereka. Seperti orang-orang terdahulu mereka yang di rusak oleh Allah sebab tidak mau beriman atau akan datang adzab yang ada di depan mereka.

Artinya bahwa penduduk kafir Makkah awal yang menentang kebenaran Al-Qu’ran pada akhirnya nanti akan di siksa Allah melalui kekalahan dalam Perang Badar.

Lafadz قُبُلًا di dalam versi qiroah yang lain di baca قُبِىْلًا

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 55

Melalui ayat ini Allah Swt memberi informasi bahwa keangkuhan, kesombongan dan antipati seseorang terhadap kebenaran Al-Qu’ran sebenarnya suatu saat bisa berubah.

Untuk taat kepada Allah melalui Al-Qur’an yang mereka dengar sebagai bentuk hidayah Allah yang di turunkan.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 55

Penduduk Makkah awalnya mereka ini sebagian ada yang beriman manakala Al-Qu’ran telah sampai kepada mereka. Dan mereka pun meminta ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang pernah mereka kerjakan.

Namun demikian sebagian yang lain masih banyak yang belum beriman sebab mereka ini belum mendapatkan hidayah Allah. Sehingga pada akhir perjalanan mereka akan mendapat siksa dari Allah sebab menentang Nabi Saw.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 55

Yang dimaksud Al-Huda adalah Rasulullah yang mengajak beriman dan Al-Qu’ran yang menjelaskan. Siksa yang di maksud adalah siksa di hari kiamat bagi orang-orang yang tidak mau beriman kepada Allah dan Rasulullah.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 55. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 56

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *