Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 57

Tafsir Al-Kahfi Ayat 57

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 57. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 57

وَمَنۡ أَظۡلَمُ مِمَّن ذُكِّرَ بِ‍َٔايَٰتِ رَبِّهِۦ فَأَعۡرَضَ عَنۡهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتۡ يَدَاهُۚ إِنَّا جَعَلۡنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمۡ أَكِنَّةً أَن يَفۡقَهُوهُ وَفِيٓ ءَاذَانِهِمۡ وَقۡرٗاۖ وَإِن تَدۡعُهُمۡ إِلَى ٱلۡهُدَىٰ فَلَن يَهۡتَدُوٓاْ إِذًا أَبَدٗا  ٥٧

Bacaan Lainnya

Artinya :

“Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah di peringatkan dengan ayat-ayat Tuhannya lalu dia berpaling dari padanya dan melupakan apa yang telah di kerjakan oleh kedua tangannya? Sesungguhnya Kami telah meletakkan tutupan di atas hati mereka, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka; dan kendatipun kamu menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk selama-lamanya.”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 57

Dan tidak ada orang yang lebih dzolim daripada orang yang telah di peringatkan Allah dengan melalui ayat-Nya.

Kemudian orang ini berpaling dari ayat tersebut dan mereka melupakan apa saja yang pernah di lakukan kedua tangannya yakni mereka lupa dengan dosa yang dilakukan baik kekufuran maupun dosa kemaksiatan.

Sesungguhnya Kami (Allah) telah menutup hati mereka sehingga mereka pun tidak mampu memahami Al-Qur’an.

Dan Kami telah menjadikan sumbatan kedalam telinga mereka sehingga tidak mampu mendengar kebenaran Al-Qur’an sekalipun engkau (Muhammad) mengajak mereka menuju petunjuk Allah. Maka dengan di jadikannya tutup dan sumbatan tersebut mereka ini tidak mendapatkan hidayah selamanya.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 57

Melalui ayat ini Allah memperingatkan tentang keberadaan hamba-Nya yang lebih dzolim daripada hamba-Nya yang lain.

Yakni orang-orang Makkah saat itu yang bertemu langsung dengan Nabi, mendengar Al-Qur’an di bacakan oleh Nabi namun mereka berpaling dari kebenaran Al-Qur’an itu.

Serta orang Makkah ini melupakan kesalahan dan perbuatan jelek mereka. Karena sikap demikian maka Allah menjadikan hati mereka tertutup dan telinga mereka pun tertutup yakni tertutup dari mendengarkan kebenaran.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 57

Tidak ada seorang pun yang lebih dzolim daripada orang yang pernah mendapatkan nasehat Al-Qur’an.

Kemudian dirinya berpaling dari kebenaran itu serta sehingga tidak mau mentadabburinya dan bahkan dirinya lupa atas dosa dan kekufuran yang di lakukan sehingga tidak mau berfikir atas akibatnya.

Nabi Muhammad Saw di tegaskan oleh Allah untuk tidak mampu menjatuhkan umatnya yang telah menentang ayat-ayat Allah dan menentang beliau pada umatnya.

Yang mata hatinya tertutup dan juga pendengarannya tersumbat dari mendengarkan kebenaran Al-Qur’an.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 57

Bahwa ayat ini menjadi jawaban atas keberadaan Rasulullah Saw yang sangat menginginkan keislaman semua umatnya.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 57. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 58

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *