Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 58

Tafsir Al-Kahfi Ayat 58

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 58. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 58

وَرَبُّكَ الْغَفُوْرُ ذُو الرَّحْمَةِۗ  لَوْ يُؤَاخِذُهُمْ بِمَا كَسَبُوْا لَعَجَّلَ لَهُمُ الْعَذَابَۗ بَلْ لَّهُمْ مَّوْعِدٌ لَّنْ يَّجِدُوْا مِنْ دُوْنِهٖ مَوْىِٕلًا

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. Jika Dia hendak menyiksa mereka karena perbuatan mereka, tentu Dia akan menyegerakan siksa bagi mereka. Tetapi bagi mereka ada waktu tertentu (untuk mendapat siksa) yang mereka tidak akan menemukan tempat berlindung dari-Nya.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 58

Dan Tuhanmu (Allah Swt) adalah Dzat yang sangat banyak memberi ampunan dan yang memiliki kasih sayang atau rahmat. Jikalau Allah menyiksa orang-orang kafir di dunia ini dengan sebab amal yang mereka kerjakan maka sungguh Allah bisa saja menyegerakan siksa bagi mereka ini di dunia.

Akan tetapi, bagi orang-orang kafir ini ada waktu yang di janjikan untuk mendapatkan siksa besok di hari kiamat. Mereka tidak menemukan tempat berlindung selain dari Allah Swt.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 58

Melalui ayat ini Baginda Nabi Saw di tegaskan kembali oleh Allah bahwa Allah itu Dzat yang sangat banyak mengampuni dan memiliki rahmat yang sangat luas.

Jikalau saja Allah menyiksa orang-orang kafir dan orang-orang yang berbuat maksiat sesuai dengan amal mereka, sungguh bisa saja Allah menyegerakan siksaan-Nya itu.

Ayat ini memberikan informasi bahwa Allah itu memiliki sifat bijaksana menutupi amal jelek dan mengampuni orang yang salah.

Terkadang pula Allah memberi hidayah kepada sebagian orang-orang tersebut sehingga keluar dari kesesatan menuju jalan yang benar.

Namun ada juga orang-orang yang terus dibiarkan oleh Allah dalam melakukan amal-amal jeleknya. Sehingga orang-orang inilah yang akan di siapkan adzab oleh Allah di  dunia dengan disegerakan atau di kumpulkan semua adzab itu kelak di akhirat.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 58

Maksud dari Allah memiliki sifat Al-Ghofur adalah Allah itu menutupi dosa-dosa orang-orang yang berbuat maksiat dengan bijaksana.

Sehingga pada akhirnya orang-orang ini menjadi sadar pada akhirnya. Sedangkan makna Allah itu memiliki rahmat adalah Allah mengakhirkan siksaan-Nya sehingga orang itu di beri kesempatan taubat.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 58

Melalui ayat ini Allah memberikan persaksian (isytishad) bahwa orang-orang kafir Quraisy itu sekalipun melakukan kesalahan besar dengan memusuhi Nabi Saw mereka di beri masa tangguh oleh Allah untuk tidak segera di siksa.

Akan tetapi Allah memberi kesempatan kepada orang kafir Quraisy itu untuk bertobat sebelum terjadinya perang badar atau sebelum terjadinya hari kiamat.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 58. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 59

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *