Tafsir Surah Al Kahfi Ayat 59

Tafsir Al-Kahfi Ayat 59

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 59. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 59

وَتِلْكَ الْقُرٰٓى اَهْلَكْنٰهُمْ لَمَّا ظَلَمُوْا وَجَعَلْنَا لِمَهْلِكِهِمْ مَّوْعِدًا

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dan (penduduk) negeri itu telah Kami binasakan ketika mereka berbuat dzalim, dan telah Kami tetapkan waktu tertentu bagi kebinasaan mereka.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 59

Dan para penduduk negeri itu yakni penduduk negeri ‘Ad (kaum ‘Ad) dan kaum Tsamud begitu pula negeri yang lain Kami (Allah) telah membinasakan mereka. Ketika mereka berbuat dzolim yakni melakukan kekufuran. Dan Kami (Allah) telah menjadikan waktu tertentu untuk kerusakan mereka.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 59

Umat-umat terdahulu yakni generasi-generasi awal telah di binasakan Allah. Sebab kekufuran dan antipati mereka terhadap kebenaran yang di bawa oleh utusan Allah.

Allah juga telah menetapkan masa tertentu yang tidak akan berkurang dan bertambah untuk terjadinya kerusakan itu.

Ayat ini menjadi peringatan keras bagi kaum-kaum musyrik Makkah yang telah mendustakan Rasulullah Saw dan sekaligus Nabi yang paling agung. Mereka ini tidaklah lebih mulia dari Rasulullah sehingga mereka ini di siapkan adzab yang akan mereka alami.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 59

Bahwa penduduk negeri ‘Ad dan penduduk negeri Tsamud serta penduduk negeri yang lain telah di binasakan oleh Allah di dunia.

Sebab kedzoliman yang mereka lakukan dan Kami (Allah) telah menjadikan waktu tertentu untuk kerusakan penduduk negeri tersebut.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 59

Kerusakan kaum ‘Ad dan kaum Tsamud serta kaum lainnya terjadi sewaktu mereka melakukan pendustaan terhadap utusan Allah dan berbagai macam maksiat.  Dan kerusakan yang akan mereka alami ini waktunya sudah di tentukan.

Maka dari itulah hendaknya kita semua mengambil pelajaran dari mereka dan janganlah kita tertipu dengan di akhirkannya adzab bagi mereka.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 59. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 60

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *