Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 74

Tafsir Al-Kahfi Ayat 74

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 74. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S Al-Kahfi : 74

فَانْطَلَقَا ۗحَتّٰٓى اِذَا لَقِيَا غُلٰمًا فَقَتَلَهٗ ۙقَالَ اَقَتَلْتَ نَفْسًا زَكِيَّةً؈ۢبِغَيْرِ نَفْسٍۗ لَقَدْ جِئْتَ شَيْـًٔا نُّكْرًا ۔

Bacaan Lainnya

Artinya :

Kemudian, berjalanlah keduanya, hingga ketika berjumpa dengan seorang anak, dia membunuhnya. Dia (Musa) berkata, “Mengapa engkau membunuh jiwa yang bersih bukan karena dia membunuh orang lain? Sungguh, engkau benar-benar telah melakukan sesuatu yang sangat mungkar.”\

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 74

Kemudian Nabi Musa dan Nabi Khidir berjalan kembali setelah keduanya turun dari perahu dalam keadaan jalan kaki. Hingga pada keduanya bertemu dengan seorang anak kecil yang belum sampai usia baligh sedang bermain dengan teman-temannya.

Serta anak kecil ini adalah yang paling rupawan, namun demikian Nabi Khidir membunuh anak tersebut yang di dalam beberapa riwayat. Disampaikan riwayat pertama, Nabi Khidir itu menyembelih anak tersebut dengan menggunakan pisau dan anak tersebut di tidurkan dalam keadaan miring.

Riwayat kedua, Nabi Khidir itu memukul dengan keras kepala anak itu dengan tangan beliau. Riwayat ketiga, Nabi Khidir membenturkan kepala anak itu ke dinding. Allah Swt menggunakan huruf ف athof dikarenakan tindakan membunuh ini dilakukan setelah pertemuan antara beliau berdua dengan anak kecil tersebut.

Melihat peristiwa ini maka Mabi Musa pun bertanya kepada Nabi Khidir “Mengapa engkau membunuh jiwa yang bersih? Yakni membunuh seseorang yang usianya belum sampai batasan baligh. Dalam sebuah qiro’ah di baca زَكِيَّةً dan anak kecil ini tidak melakukan tindakan pembunuhan kepada manusia lain. Sungguh benar-benar engkau ini melakukan sesuatu yang di ingkari. Lafadz نُكْرً bisa dibaca نُكُرً yang bermakna مُنْكَرً (sesuatu yang di ingkari).

Tafsir Ibnu Kasir Surat Al-Kahfi Ayat 74

Dalam ayat ini memerangkan bahwa Nabi Musa lebih ingkar kepada Nabi Khidir daripada ingkarnya beliau dalam melihat kapal yang di lubangi oleh Nabi Khidir. Sehingga tindakan membunuh anak kecil ini di pertanyakan oleh Nabi Musa dengan pertanyaan.

“Bukankah anak ini masih kecil dan tidak melakukan tindakan kejahatan serta anak kecil ini tidak menanggung dosa apapun, mengapa engkau melakukan ini? dan ini sungguh benar-benar tindakanmu  yang diingkari.”

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 74

Anak kecil ini yang di temui beliau berdua bersama 10 temannya dan nama anak ini adalah “Khoisyur”. Pembunuhan yang dilakukan dengan cara di sembelih dengan pisau dan riwayat ke dua dengan di penggal kepalanya. Dan makna زَكِيَّةً adalah seseorang yang bersih dari dosa dan anak kecil ini tidak melakukan tindakan pembunuhan kepada jiwa yang di muliyakan.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 74

Yang di maksud زَكِيَّةً menurut sahabat Abu Umar adalah orang yang pernah melakukan dosa kemudian di ampuni. Akan tetapi, jika di baca زَاكِيَّةً artinya adalah orang yang belum pernah melakukan dosa sama sekali. Akan tetapi imam Baidhowi lebih memilih makn زَاكِيَّةً .

Penolakan Nabi Musa ini lebih dalam dari pada penolakan  tindakan Nabi Khidir yang pertama. Yang melubangi kapal dikarenakan tindakan membunuh itu lebih keji daripada melakukan tindakan yang mengarah pada pembunuhan orang mati.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 74. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 75

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *