Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 75

Tafsir Al-Kahfi Ayat 75

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 75. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 75

قَالَ اَلَمْ اَقُلْ لَّكَ اِنَّكَ لَنْ تَسْتَطِيْعَ مَعِيَ صَبْرًا

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dia berkata, “Bukankah sudah kukatakan kepadamu bahwa sesungguhnya engkau tidak akan mampu sabar bersamaku?”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 75

Nabi Khidir a.s berkata kepada Nabi Musa a.s “Bukankah sudah saya sampaikan kepadamu bahwa sesungguhnya dirimu itu tidak akan mampu bersabar bersama diriku.”

Di dalam pernyataan ini terdapat tambahan lafadz لَكَ sebelum lafadz قَالَ (tidak sama dengan pernyataan Nabi Khidir pada ayat 67). Dikarenakan ketidakadaan /udzur /halangan untuk mengingatkan kembali ke Nabi Musa a.s.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 75

Nabi Khidir mengulang kembali persyaratan awal yang pernah di ajukan kepada Nabi Musa. Tentang kesabaran yang harus dimiliki Nabi Musa ketika berjalan bersama Nabi Khidir.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 75

Pernyataan Nabi Khidir ini mengandung unsur mengingatkan kembali Nabi Musa yang melakukan kesalahan dalam memenuhi syarat untuk bersama Nabi Khidir.

Menurut satu riwayat Yusya’ bin Nun yang statusnya melihat kebersamaan Nabi Musa dan Nabi Khidir. Sebenarnya beliau mengingatkan kepada Nabi Musa. Dengan mengingatkan “Wahai Nabi Musa, Nabinya Allah, ingatlah janji yang pernah engkau ucapkan kepada Nabi Khidir.”

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 75

Pengulangan ucapan Nabi Khidir ini yang di sertai tambahan lafadz لَكَ (kepadamu) mengandung unsur mengingatkan kembali atas wasiat Nabi Khidir agar Nabi Musa bersabar serta mengandung unsur pengingkaran Nabi Khidir kepada Nabi Musa a.s.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 75. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 76

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *