Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 81

Tafsir Al-Kahfi Ayat 81

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 81. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 81


فَاَرَدْنَآ اَنْ يُّبْدِلَهُمَا رَبُّهُمَا خَيْرًا مِّنْهُ زَكٰوةً وَّاَقْرَبَ رُحْمًا

Bacaan Lainnya

Artinya :
Kemudian kami menghendaki, sekiranya Tuhan mereka menggantinya dengan (seorang anak) lain yang lebih baik kesuciannya daripada (anak) itu dan lebih sayang (kepada ibu bapaknya).

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 81

Kemudian kami menghendaki supaya Tuhannya kedua orang tua itu (Allah) mengganti anak laki-laki yang di bunuh itu dengan di ganti anak yang lebih baik. Yakni lebih bagus dan lebih bertakwa serta anak pengganti ini nantinya lebih dalam kasih sayangnya kepada kedua orang tuanya.

Lafadz رُحْمًا maknanya adalah rohmah dan rohmat dalam hal ini maknanya adalah anak yang berbakti kepada orang tuanya.

Dalam sebuah riwayat di sampaikan setelah kematian anak kecil laki-laki itu, Allah memberi ganti kepada keluarga itu dengan memiliki anak perempuan yang nantinya menikah dengan Nabi.

Dan dari pernikahan Nabi itu lahirlah Nabi lagi, yang bisa menjadi penyebab umat untuk mendapatkan hidayah Allah. Lafadz يُبَدِّلَهُمَا bisa di baca يُبَدِلَهُمَا tanpa ada tasydid dalam huruf د nya. Lafadz رُحْمًا menurut satu riwayat di baca رُحُمًا.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 81

Allah Swt mengganti anak yang meninggal dengan memberikan pengganti anak yang lebih bagus dan lebih sayang kepada orang tuanya.

Menurut satu riwayat, setelah Nabi Khidir membunuh anak itu maka sang Ibu langsung di beri kehamilan oleh Allah sehingga melahirkan anak lagi dan anak itu adalah perempuan yang sholehah.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 81

Yang di maksud anak yang lebih baik adalah anak yang lebih sholeh, bersih dari dosa-dosa besar dan jauh dari akhlak tercela. Maksud dari رُحْمًا adalah anak yang memiliki belas kasih terhadap orang tuanya dan berbakti kepada kedua orang tuanya.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 81

Maksud dari خَيْرًا (lebih bagus) adalah anak yang memiliki kesucian dari dosa besar dan jauh dari akhlak tercela, Lafadz رُحْمًا maknanya yaitu anak yang memiliki kasih sayang kepada kedua orang tuanya.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 81. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 82

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *