Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 83

Tafsir Al-Kahfi Ayat 83

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 83. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S Al-Kahfi : 83


وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنْ ذِى الْقَرْنَيْنِۗ قُلْ سَاَتْلُوْا عَلَيْكُمْ مِّنْهُ ذِكْرًا

Bacaan Lainnya

Artinya :
Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Dzulqornain. Katakanlah, “Akan kubacakan kepadamu kisahnya.”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat : 83

Penduduk Mekah diantaranya orang Yahudi akan bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Dzulqornain yakni yang nama aslinya Iskandar, beliau ini bukanlah termasuk nabi. Mendengar pertanyaan dari Yahudi ini maka Allah memerintahkan nabi Muhammad, katakan “wahai Muhammad saya akan mengisahkan kepada kalian semua tentang informasi yang berkaitan dengan Dzulqornain ”.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat : 83

Menurut tafsir Ibnu Katsir penduduk kafir Mekah di antaranya orang Yahudi melakukan ujian kepada nabi untuk membuktikan kebenaran status Nabi Saw dan mereka bertanya tentang 3 hal yaitu

  1. Ashabul Kahfi
  2. Dzulqornain
  3. Masalah ruh

Di kisahkan bahwa ada beberapa riwayat tentang keberadaan Dzulqornain. Di antaranya adalah keberadaan Dzulqornain adalah seseorang yang berposisi sebagai raja yang mengajak untuk beribadah kepada Allah, memiliki kekuasaan yang luas di daerah Romawi dan persia.

Dan selalu mengembara kemana-mana untuk mendakwahkan tentang Allah dan menunjukkan keadilannya sebagai seorang raja.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat : 83

Nama lain Dzulqornain adalah Iskandar bin Fairuz yang berbangsa Yunani. Beliau adalah hamba Allah yang sholeh yang diberi kekuasaan sebagai raja. Allah memberikannya ilmu hikmah dan kewibawaan yang besar.

Beliau memiliki Wazir yang bernama Nabi Khidir a.s. Menurut pendapat yang shohih Dzulqornain bukanlah seorang nabi. Namun seorang raja yang sholeh adil menguasai wilayah yang luas dan selalu mendakwahkan kepada kaumnya untuk menyembah Allah Swt.

Tafsir Baidhowi Surah Al-Kahfi Ayat : 83

Dzulqornain ini nama lainnya adalah Iskandar yang ber bangsa Romawi. Beliau menjadi raja di wilayah Persia dan Yunani.

Pendapat mufasir beliau menguasai wilayah timur dan barat. Di beri nama Dzulqornain karena memiliki mahkota dengan dua tanduk. Dan memungkinkan pula dijuluki Dzulqornain karena memiliki keberanian yang luar biasa dalam menegakkan keadilan nya yang luar biasa sebagai seorang raja.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 83. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 84

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *