Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 95

Tafsir Al-Kahfi Ayat 95

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 95. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 95

قَالَ مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيۡرٞ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجۡعَلۡ بَيۡنَكُمۡ وَبَيۡنَهُمۡ رَدۡمًا  ٩٥

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dzulkarnain berkata: “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka,

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 95

Mendengar keluh kesah kaumnya ini, maka Raja Dzulqornain pun menyatakan sifatnya “Apa saja yang telah di kuasakan Tuhanku baik

berupa harta maupun yang lain kepada diriku adalah sesuatu yang lebih baik dari upah yang akan kau beri. Sehingga sudah tidak ada kebutuhan lagi bagi diriku untuk mengambil upah itu.

Dan saya pun akan membuat benteng untuk kalian semua sebagai bentuk tabarruk (melakukan amal semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah).

Sehingga hendaklah kalian memotong saya dengan kekuatan saja yang kami butuhkan. Saya pun akan membuatkan dinding yang  akan memisahkan antara diri kalian denggan ya’juj dan ma’juj.”

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 95

Mendengar keluh kesah bangsanya ini yang menawarkan upah kepada Raja Dzulqornain untuk menghadapi ya’jud ma’jud, maka Raja Dzulqornain pun berkata. Sebagai bentuk menjaga diri dari meminta-minta dan memberikan kebaikan kepada bangsanya.

Dengan mengatakan “Sesungguhnya apa saja yang telah diberikan oleh Allah kepadaku baik berupa kekuasaan dan keadaan yg serba tercukupi adalah lebih baik bagiku (sudah cukup) dari pada harta yg kalian kumpulkan semua yang akan engkau berikan padaku.

Sehingga tolonglah aku dalam usaha mencegah ya’juj ma’juj. Cukup denggan tenaga dan alat-alat yang sudah kalian miliki. Untuk selanjutnya  Raja Dzulqonain itu akan membuat dinding yang memisahkan bangsanya dan ya’juj ma’juj.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 95

Raja Dzulqornain menunjukan sikap yang bijaksana dalam menyikapi bangsanya. Yang di sertai janji upah bahwa beliau mengatakan dengan diri saya ini yang telah  di jadikan oleh Tuhan saya sebagai orang yang mampu memiliki harta yang banyak, kekuasaan yang luas dan berbagai kemudahan sarana hidup adalah sesuatu yang lebih cukup dari apa yang kalian berikan.

Sehingga saya pun tidak memerlukan itu semua dan cukuplah kalian semua menolong saya dengan tenaga dan peralatan-peralatan bangunan yang kalian miliki.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 95

Raja Dzulqornain menolak pemberian dari rakyatnya yang membutuhkan bantuan kepadanya dengan menjelaskan bahwa Raja Dzulqornain itu sudah memiliki kecukupan harta bahkan berlimpah.

Namun demikian, beliau pun tetap mengajak kerja sama bersama kaumnya dengan membantu tenaga dan peralatan-peralatan yang di milikinya.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 95. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 96

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *