Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 97

Tafsir Al-Kahfi Ayat 97

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 97. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 97

 فَمَا ٱسۡطَٰعُوٓاْ أَن يَظۡهَرُوهُ وَمَا ٱسۡتَطَٰعُواْ لَهُۥ نَقۡبٗا ٩٧

Bacaan Lainnya

Artinya :

Maka mereka tidak bisa mendakinya dan mereka tidak bisa (pula) melobanginya

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 97

Setelah benteng tersebut berhasil di buat oleh Raja Dzulqornain dan bangsanya maka Ya’juj Ma’juj itu pun tidak mampu mendakinya yakni mereka tidak bisa melewati atasnya benteng.

Di karnakan tingginya benteng itu dan merekapun sulit untuk memegangnya dan begitu pula Ya’juj Ma’juj pun tidak mampu melubangi benteng itu di karenakan keras dan tebalnya benteng yang telah dibuat.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 97

Melalui ayat ini menunjukkan sebuah dalil atau bukti bahwasannya Ya’juj Ma’juj itu sudah tidak mampu lagi untuk mengganggu bangsanya Raja Dzulqornain setelah di buatkan benteng yang kokoh oleh Raja Dzulqornain yang bekerjasama dengan rakyatnya / bangsanya itu.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 97

Lafadz ٱسۡتَطَٰعُواْ terjadi pembuangan huruf (ت) setelah huruf (س) yang mempunyai makna kuasa.

Artinya bahwa Ya’juj Ma’juj itu sudah tidak mampu lagi memasuki wilayah kekuasaan Raja Dzulqornain setelah di bangunnya benteng yang kokoh. Baik tidak mampu di lewati dari atas maupun tidak bisa di lubangi dari bawah.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 97

Terjadinya pembuangan huruf ( ت ) setelah huruf ( س ) di karenakan adanya khawatiran pertemuan 2 huruf yang saling berdekatan dalam makhroj huruf ( ت ) dan (ط).

Dari ayat ini dijelaskan bahwasannya Ya’juj Ma’juj pada musim semi sudah tidak bisa mengganggu rakyatnya Raja Dzulqornian sebab adanya benteng yang berdiri kokoh yang terbuat dari besi dan setara dengan 2 gunung sebagai pintu masuk kewilayah itu.

Menurut satu riwayat pondasi benteng itu di buat sangat dalam sehingga sampai pada tempat keluarnya air. Di samping itu itu pula di atas benteng itu di buat lubang untuk membakar api sehingga di saat itu benteng itupun pada bagian atasnya akan mengeluarkan bara api.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 97. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 98

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *