Whatsapp-Button

Tanda hari akhir, kiamat makin dekat?

Setiap Muslim wajib untuk mengamati tanda – tanda hari akhir yang terjadi pada setiap harinya.

Pengertian hari akhir sendiri adalah hari ketika kehidupan normal sudah berakhir yakni kehidupan di bumi dan kehidupan alam semesta ini.

Rukun Iman kelima adalah “mempercayai adanya akhir jagat raya “, begitu kata pepatah. Jika ada seorang Muslim yang tidak percaya tentang apa yang terjadi pada hari kiamat itu, maka imannya itu perlu ditanyakan.

Karena banyak ayat dalam Al – Qur’an yang berkali – kali menyatakan bahwa terjadinya hari Kiamat bukan sekedar keraguan, inilah alasannya. Salah satunya, yang tertera di Surah Al -Hajj ayat 7 yang artinya :


Dan sesungguhnya hari terakhir itu pasti datang, tidak ada keraguan sedikitpun; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.”

(QS. Al-Hajj, [22]:7).

Hanya Allah yang tahu kapan Kiamat akan terjadi; tidak ada yang lain. Namun , ada sebagian yang mengecam munculnya fenomena baru-baru ini adalah tanda akan terjadi hari akhir. Namun , mungkin sudah ada beberapa tanda – tanda hari kiamat yang sudah nampak.

Apa itu hari akhir?


Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan kata akhir sebagai ‘hari akhir zaman’. Adapun secara terminologi, istilah tersebut merujuk pada binasa atau hancurnya alam semesta sebagai tanda berakhirnya kehidupan dunia menuju kehidupan kekal di akhirat.

Selain itu , menurut syariat , hari akhir adalah waktu berakhirnya kehidupan di dunia , dengan peniupan sangkakala sebagai akhirnya kehidupan alam semesta dan berlanjut ke hari kebangkitan dan pembalasan amal.

Baca Juga:  Ketika Hari Kiamat inilah Yang akan terjadi

Menurut definisi yang di atas, gambaran hari kiamat sebagai akhirnya kehidupan dunia dan awal kehidupan akhirat. Dalam kitab suci Al-Qur’an, penyebutan hari kiamat dalam istilah yang berbeda-beda, antara lain al-qari’ah, al-waqi’ah, al-haqqah, yaumul ba’ats, yaumul khuruj, dan yaumul wa’id.

Jenis-jenis hari akhir


Secara garis besar, hari kiamat terbagi atas dua jenis, yaitu:

Kiamat kubra


kubra, juga dikenal sebagai kiamat besar, merupakan peristiwa hancurnya alam semesta dan berakhirnya kehidupan semua makhluk, meliputi manusia, jin, hewan, dan tumbuhan, setelah ditiupnya terompet sangkakala pertama.

kiamat sugra

sugra, juga dikenal sebagai akhiran kecil, cakupan dicabutnya roh dari jasad dan berbagai bencana alam, seperti tsunami, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor. Di antara kedua jenis tersebut, yang sudah muncul di zaman sekarang barulah akhir sugra saja. Hal ini karena apabila kiamat kubra sudah terjadi, tentu tidak ada satu pun dari kita yang masih hidup. Lantas, apa saja akhir dari tanda sugra yang sudah terjadi?

Tanda- tanda hari akhir yang Sudah Terjadi

Merujuk pada Konsultasi Syariah, buku Teladan Sempurna Pendidikan Agama Islam di bawah ini beberapa tanda-tanda hari akhir kecil/sugra yang sudah terjadi:

Wafatnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam

“Perhatikanlah enam tanda-tanda hari Kiamat: (1) wafatku (Rasulullah)…”

(HR. Bukhari no. 3176).

Bulan Terbelah

“Telah terbelah bulan dan telah dekat (datangnya) saat (Kiamat) itu.Dan ketika mereka melihat tanda (mukjizat) tertentu , mereka mulai gemetar dan berseru, “(Ini ) sihir yang abadi . ”

(Lihat Al Qamar, [55]:1-2.)

Nabi-Nabi Palsu muncul

” Akan ada pada umatku tiga puluh pendusta, semuanya mengaku sebagai nabi.

Hr. Abu Dawud.

Api dari Hijaz

“Tidak akan ada hari Kiamat sebelum keluar api dari Hijaz , yang menyinari punuk -punuk unta di Bushra .”

(HR Bukhari dan Muslim ).

An- Nawawi sebelumnya telah menyebutkan munculnya api .Berikut :

Baca Juga:  Pendidikan pesantren merespon tantangan digitalisasi 4.0


“ Dizaman kami, di kota Madinah pada tahun 654 H. Ada api besar terletak di pinggiran kota Madinah, dekat daerah al – Harrah. Berita ini telah menyebar ke seluruh Syam dan seluruh dunia. Dan ada orang-orang Madinah yang yang menyaksikannya menyampaikan hal ini kepadaku. ”(18/28, Syarh Shahih Muslim).

Tanah Arab Menghijau Kembali

“Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai.”

(HR.Muslim).


Di samping keempat tanda di atas, juga masih ada tanda-tanda kiamat berdasarkan hadis Rasulullah yang sudah terjadi.

Munculnya tanda – tanda kiamat tersebut tidak menjamin bahwa esok hari kiamat akan semakin dekat .Sekali lagi, pengetahuan tentang kematian adalah hal ghaib yang hanya diketahui oleh Allah SWT .Kendati demikian, tanda-tanda akhir yang sudah muncul seharusnya menjadi peringatan dan teguran bagi kita semua untuk lebih giat beribadah dan semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Baca Juga : Konsep dasar Islam tentang Cinta

Ponpes Darul Ulum Addiniyah - Melayani dan Bermanfaat Bagi Banyak Orang